Yuk, Rekreasi Sambil Belajar

 

Sesuai mottonya, taman ini mengutamakan rekreasi sambil belajar. Di sini pengunjung bisa menikmati wahana petualangan, wahana outbound, dan wahana pendidikan.

Taman Botani adalah sebuah tempat rekreasi yang tergolong baru di Kabupaten Jember. Didirikan di atas lahan seluas delapan hektare, taman ini dibuka untuk umum pada awal tahun 2007. Sejak beroperasi, setiap hari sekitar 50 hingga 100 orang mengunjungi tempat  itu. “Kalau akhir pekan atau musim liburan sekolah, lebih dari 200 orang per hari,” kata Febrian Kahar, pengelola Taman Botani.

Pembuatan taman itu, kata Febri, bermula pada tahun 2006 saat sang ayah mulai mengubah sawah dan kebun menjadi tempat rekreasi keluarga bagi besar Abdul  Kahar. Namun karena banyak saran dan masukan dari kenalan dan masyarakat, agar dibuat dan dibuka untuk umum, akhirnya keluarga Kahar mulai merintis Taman Botani secara swadaya.

Lokasi yang luas, dengan sejumlah kontur, dibiarkan tetap alami hingga menyenangkan untuk bersantai sambil belajar. Jalan berundak setinggi hampir 200 meter dipermak menjadi tangga yang diberi pengaman.  Sedangkan jalan di tebing yang lain dibiarkan tetap alami. Jalan itu digunakan untuk angkutan motor bagi para pengunjung.

Di areal sekitar 4,5 hektare yang terletak di bagian atas tempat itu, pengunjung bisa menikmati kebun herbal yang memiliki lebih 300 jenis tanaman herbal atau obat-obatan. Juga ada kebun bunga dan kebun buah yang terdiri atas lebih dari 200 jenis tanaman bunga dan buah. Tak hanya tumbuhan, di taman itu pengunjung juga bisa menyaksikan tempat penangkaran hewan langka seperti rusa, burung Cenderawasih dan ayam Mutiara, dan beragam koleksi hewan seperti kuda, kalkun, landak, marmut, kelinci, angsa, burung merpati, jalak hitam, jalak putih, kenari, merak, beo, kepodang dan burung hantu.

Taman Botani itu, kata Febri, memiliki visi menjadi taman rekreasi alternatif bagi masyarakat Jember. Khususnya menjadi tempat wisata yang bernuansa alam sekaligus membantu dunia pendidikan dengan memberikan sarana belajar tentang alam, serta mengajak masyarakat cinta lingkungan. Tak heran, sejak melewati pintu gerbang, pengunjung akan menemukan status atau nama tumbuhan dan hewan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Latin. “Dari awal, memang tempat ini dibuat menjadi obyek wisata yang nyaman dan edukatif untuk masyarakat,” kata Febri.

Setelah menjelajahi ‘lantai atas’ Taman Botani, pengunjung bisa beralih ke bagian yang lebih rendah. Pengunjung bisa turun melalui jalur berundak setinggi 200 meter, dengan ratusan anak tangga, atau menggunakan jasa angkutan motor. Sampai di sana, Anda bisa menikmati kolam renang dewasa (kedalaman 160-175 senti meter), kolam renang remaja (kedalaman 80 senti meter), kolam renang anak dengan kedalaman 50-60 senti meter dan kolam renang pelangi untuk anak-anak (kedalaman 20-70 senti meter).

Ada juga flying fox jungle dengan ketinggian 40 meter dan panjang lintasan 200 meter bagi yang suka menguji nyali di ketinggian. Sarana flying fox jungle di tempat itu disediakan untuk dewasa dan anak-anak. Ada juga areal out bond dan aneka permainan air seperti perahu kano, khusus untuk anak-anak.

Sebuah restoran juga disediakan di tepi kolam renang di lokasi wisata ini. Sebuah pendopo utama berlantai dua yang biasa digunakan untuk meeting room, lebih dari lima  buah gazebo dan shelter yang dibangun dengan arsitektur unik dari batu bata dan bambu, tersebar di sekitar taman dan kebun. “Kami juga menyediakan gubuk khusus yang berfungsi sebagai taman bacaan dan diskusi,” ujar Febri. “Ada lebih 500 judul buku dan majalah di tempat itu,” Febri menambahkan seraya menunjuk sebuah bangunan di belakang restoran.

Pengelola Taman Botani Sukorambi Jember, juga tidak melarang pengunjung membawa makanan sendiri. Mereka bisa menikmati makanan dan minuman sambil menggelar tikar di beberapa lokasi yang rimbun dan sejuk. Meskipun taman botani itu rimbun dan penuh pepohonan besar layaknya hutan, namun pengunjung yang datang bersama keluarga, atau rombongan besar tak perlu khawatir tersesat. Sebab, ada petugas pemandu yang siap melayani.

Selain bersantai dan belajar, dari tempat itu pengunjung juga bisa mendapatkan aneka bibit tanaman dengan harga terjangkau. Menurut Andi, seorang petugas, sejumlah bibit tanaman yang paling banyak dibeli pengunjung seperti duku, manggis, dan durian yang cepat berbuah.

Taman Botani Sukorambi Jember dibuka setiap hari, kecuali hari Jumat, mulai pagi hingga menjelang petang. Harga tiket masuk ke obyek wisata edukasi itu terjangkau yakni Rp 6.000 per orang untuk hari Senin sampai Kamis, sedangkan pada hari Sabtu dan Ahad tiket masuk sebesar Rp7.000 per orang.

Untuk menuju ke kawasan obyek wisata yang terletak di Jalan Mujahir, Desa Sukorambi, Kecamatan Sukorambi itu, tidak terlalu sulit. Dari alun-alun Kota Jember hanya berjarak sekitar 11 kilometer ke arah barat menuju ke perempatan Pasar Mangli. Kemudian ambil ke arah utara sejauh 5 kilometer.

Bagi pengunjung dari luar Kota Jember, bisa naik angkutan umum menuju kota, hingga perempatan Pasar Mangli. Kemudian naik ojek atau angkutan pedesaan untuk menuju ke lokasi Taman Wisata Botani Sukorambi.

Lokasi wisata ini, selain ramai oleh pengunjung keluarga, setiap pekan juga didatangi rombongan dari beberapa sekolah, instansi pemerintah dan swasta dari Jember dan sekitarnya. “Murah meriah, aman, bisa jadi tempat rekreasi dan pendidikan murid,” kata Nur Khusna, seorang guru sebuah sekolah di Bondowoso.

About majalahkomite

Menuju Masyarakat Mandiri
Pos ini dipublikasikan di Jalan-jalan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Yuk, Rekreasi Sambil Belajar

  1. Ira berkata:

    Terlihat sangat menyenangkan. Khususnya buat anak2.

    ira
    http://www.keluargapelancong.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s